Tuesday, July 17, 2012

red velvet

     Cake klasik asal Amerika Selatan ini lagi jadi buruan banyak orang. Warnanya yang merah cantik menjadi daya pikatnya. Banyak cake shop di Jakarta yang berlomba-lomba membuat red velvet cake yang legendaris ini. Hmm.. mana yang paling lezat mengelus lidah ya?

     Red velvet cake punya tekstur yang lembut halus, dengan olesan cream cheese ataupun whipped cream putih yang membuatnya tampil genit dan cantik. Warnanya punya beberapa versi, mulai dari merah menyala,merah tua, hingga merah kecokelatan. Biasanya digunakan pewarna makanan ataupun ekstrak buah bit untuk menghasilkan warnanya.

     Nggak susah kok nyari kue ini di cake shop besar ataupun online cake shop di Jakarta. gue udah nyicip red velvet cake di cake shop paling hip antara lain Michel's Patisserie, The Harvest, Souly Butter Kitchen, Le Gourmet, dan juga Le Rouge Flamingo untuk mencari cake yang paling enak!

     Red velvet cake buatan Souly Butter Kitchen tampil dengan cream cheese super tebal di atasnya. sesuai sama namanya, cake dengan olesan krim melimpah jadi identitas Souly Butter Cream. Sayang, krim putihnya nggak rapi dan begitu mendominasi, jadi ketutup deh pesona si cake merah cantik di bawahnya.Red velvet cake seharga Rp.45.000/slice ini dibuat tak terlalu manis, dengan aksen sedikit pahit karena penggunaan cokelat di dalamnya. Warnanya pun merah kecokelatan, dengan tekstur lembab. Cake yang tampak 'mengenyangkan' ini ditaburi dengan irisan almond, serpihan cake, dan juga parutan kelapa.

     Nah beda lagi kalau di Michel's Patisserie, red velvet cake hadir dengan warna merah kecokelatan, dengan krenyes manis potongan nougat di atas whipped cream. Cake dengan empat lapisan ini juga bertekstur lembut dan lembab. Rasa yang enak di lidah pun sepadan dengan harganya Rp. 25.000/slice.


     Ada yang istimewa dengan red velvet cake buatan The Harvest. Warna merah pekatnya dihasilkan dari ekstrak buah bit yang menghasilkan tampilan merah kecokelatan cantik. Sekelilingnya diselimuti dengan remahan cake, dengan hiasan buah strawberry dan chocolate chip di atasnya. Cantik :D. Cakenya terasa lembap dan krimnya manis lembut, dengan rasa cake yang tak terlalu manis mengigit. . Per potongnya dijual seharga Rp. 25.000, harga yang tergolong bagus untuk rasa dan tampilannya sangat memuaskan!


 
     Nah, bagaimana dengan buatan Le Gourmet? Enam lapis red velvet cake berpadu dengan cream cheese lezat. Tampilannya rapi, dengan tekstur sangat lembap. Olesan krim di atasnya dicampur dengan buah strawberry, dan menghasilkan rasa krim dengan aksen asam lezat. Ada lapisan cokelat tipis di bagian bawahnya, menyeimbangkan paduan manis dan asam dari cake dan krim. Dengan harga minimalis Rp. 23.800/slice, ada 'bonus' macaroon strawberry di atasnya. asiiik hahhaa

     Berbeda dengan Red Velvet Cake di empat tempat tersebut, toko kue Le Rouge Flamingo menampilkan Red Velvet Cake berbentuk cupcake. Cake buatan online cake shop ini dikemas dalam kotak cantik, membuatnya tampak manis dan elegan. Dibuat dengan cokelat asli Belgia, dengan isian mascarpone cheese dan cream cheese di atasnya.Begitu dicicipi, hmm, lembut, moist dan lezat dengan after taste agak pahit yang nikmat di lidah. Ini karena pemakaian cokelat bubuk yang dipadu dengan cuka alami. Buat yang sedang diet, red velvet cake ini tak bikin rasa bersalah karena tak ada lapisan-lapisan krim. Cupcake ini dijual seharga Rp. 120.000/6 cupcake.



     Secara garis besar, cake buatan Souly Butter Kitchen tampak mencolok dengan limpahan krimnya. Cake buatan Michel's Patisserie rasanya lumayan enak, sementara Red Velvet Cake buaLe Gourmet terasa berbeda dengan after taste manis, dengan sapuan keju berpadu strawberry yang lembut asam manis.

     Yang ideal cake buatan The Harvest. Bentuknya cantik dan rapi, dengan harga yang terjangkau untuk cake lezat sekelasnya. Red Velvet Cupcake dari Le Rouge Flamingo juga sangat memuaskan dengan rasa alami dan cocok buat penyuka cake alami tanpa olesan krim berlimpah.


XOXO,


Amhee Lowday

No comments:

Post a Comment